Minggu, 29 Mei 2016

 PT. WINGS FOOD
 SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN
          Wings corporation didirikan pada tahun 1948 di Surabaya, Indonesia. Selama lima puluh terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil menjadi pemimpin pasar yang memperkerjakan ribuan orang dengan pabrik berlokasi di Jakarta dan Surabaya.
            Tujuan dari Wings Corporation adalah memproduksi produk-produk kualitas Internasional dengan harga ekonomis. Produksi pertama adalah dengan pembuatan sabun cuci hijau buatan tangan. Dengan produk ini, Wings berhasil menembus pasar kompetitif pada akhir tahun 1940-an.
Setelah itu Wings memperkenalkan produk baru yaitu krim deterjen dan produk pembersih lainnya dan saluran distribusi yang didirikan di seluruh Indonesia. Beberapa dekade berikutnya melihat Wings terus memperluas lini produk untuk berbagai rumah tangga dan produk perawatan pribadi.
           Wings juga memperluas jaringan distribusi selama periode ini, ke titik di mana produk yang tersedia di hampir setiap kota dan desa di setiap provinsi negara itu, situasi yang ada sampai hari ini. Wings saat ini memproduksi dan menjual ratusan SKU rumah tangga dan produk perawatan pribadi, dan baru-baru memperluas lini produknya termasuk minuman dan mie instan.
Hari ini, Wings diakui sebagai produsen lokal terkemuka dan distributor rumah tangga dan produk perawatan pribadi. Menjadi sebuah kelompok bisnis yang dinamis dan beragam, Wings masih didedikasikan untuk visi awal perusahaan konsumen dengan menyediakan rumah tangga dan produk perawatan pribadi kualitas tanpa kompromi.


 STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
        Yang dimaksud dengan struktur organisasi adalah suatu susunan dengan hubungan antar bagian dalam organisasi maka para karyawan dapat mengetahui dengan jelas tugas, wewenang, dan tanggung jawab mereka sehingga dapat terjalin kerjasama yang efektif dan efisien untuk mencapai tugas perusahaan.
Keterangan di bawah ini merupakan tugas dari struktur organisasi Wings :
1. Pemasaran dan sales penjualan
·        Mengidentifikasikan target pasar dan pesaing potensial, mengidentifikasikan kebutuhan pelanggan.
·        Pengembangan produk terintegrasi strategis untuk setiap merek dan menciptakan identifikasi merek.
·         Menganalisis tren pasar dan menyiapkan srategi pemasaran yang tepat untuk target   pasar, menjual produk Wings.
·         Mampu mengembangkan dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan, membantu pelanggan dalan pemasaran produk.
·         Mengidentifikasaikan peluang usaha dan berkomunikasi kepada pelanggan.
·         Mengembangkan kerjasama dengan pelanggan sehingga dapat memperluas bisnis dan menghasilkan keuntungan maksimal baik kepada pelanggan dan perusahaan.
2. Produksi dan Enginering
Untuk bertanggung jawab dalam menjaga proses produksi untuk mencapai target produksi dengan tetap berkonsentrasi pada kualitas barang, peralatan, pemeliharaan, dan efesiensi penggunaan bahan baku.
3. Finance dan Accounting

            ·         Harus mengerti administrasi, akuntansi dan konsep-konsep keuangan
            ·         Pengorganisasian AP & AR Pemantauan arus kas dan pengoptimalkan keuntungan jangka panjang
            ·         Menganalisis data akuntansi, mengidentifikasi masalah dan merencanakan perbaikan sistem
            ·         Bekerja sama dengan penjualan, pemasaran dan logistik Departemen, serta departemen lain

4. Logistik
·         Melibatkan Purchasing, Supply Chain Management, dan distribusi departemen
·         Memahami pembelian dan memilih mengevaluasi pemasok, memelihara hubungan dengan pemasok sehingga dapat meningkatkan kelancaran dan efisiensi perusahaan
·         Pemahaman yyang jelas tentang konsep manajemen lantai suplay dan teknik, mampu berfikir strategis dan taktis
·         Tingkat tinggi pemecahan masalah keterampilan dan kemampuan komunikasi
5. Teknologi Informasi                                                                                 
·         Mampu memiliki TI yang baik
·         Mampu tur jaringan dan berurusan dengan masalah yang timbul dilapangan
·         Harus mengatur perangkat keras, memiliki pengetahuan tentang pemprograman yang solid dan analisis sistem yang mampu memberikan solusi untuk masalah
·         Mampu mengembangkan dan memelihara komunikasi canggih dan sistem informasi juga mampu bekerja dengan departemen lain
6. Sumber Daya Manusia
·         Berkomitmen utuk pengembangan sumber daya manusia dan organisasi sehingga dapat meningkan efisiensi dan produktivitas bisnis dan nilai terus meningkat baik untuk perusahaan dan karyawan
·         Harus memiliki pemahaman mendalam dan penguasaan sumber daya manusia, rekrutmen dan pelatihan strategi, serta kompensasi dan tunjangan
7. Riset dan Pengembangan
·         Harus memiliki latar belakang yang solid dan penguasaan kimia dan penelitiaan
·         Mampu mengembangkan produk yang ada sesuai dengan tren pasar
·         Bertanggung jawab untuk memilih dan menerapkan standar penerimaan bahan baku dan perencanaan proses yang efisien mampu memproduksi barang berkualitas tinggi
·         Mampu merancang kemasan yang tepat sesuai dengan fungsi
·         Berkolaborasi dengan pemasaran, produksi, logistik, dan departemen lainnya
           
8.Analisis SWOT PT. WINGS FOOD
Kekuatan (Strengh)       
Ukuran pembobotan :                                                    Ukuran Rating :
         1 = sedikit penting                                                      1 = Sedikit kuat         
         2 = Agak penting                                                        2 = Agak kuat
         3 = penting                                                                 3 = kuat
         4 = sangat penting                                                      4 = Sangat kuat
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1. Memiliki produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau
4
0,22
4
0,88
2. Memiliki anak perusahaan yang khusus menangani pendistribusiaan produk
4
0,22
1
0,22
3. Produk yang tahan lama, kualitas dan kehandalan yang terjamin
3
0,16
3
0,48
4. Inovasi produk yang berkelanjutan
3
0,16
2
0,32
5. Memiliki daftar pelanggan yang tetap
4
0,22
4
0,88
Total
18
0,98
14
2,78
Kelemahan (Weakness)
Ukuran pembobotan :                                                    Ukuran Rating :
         1 = sedikit penting                                                      1 = Sedikit lemah       
         2 = Agak penting                                                        2 = Agak lemah
         3 = penting                                                                 3 = lemah
         4 = sangat penting                                                      4 = Sangat lemah
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1. Tidak berpengalaman dalam pemasaran
3
0,2
1
0,2
2. Struktur biaya tinggi
2
0,13
2
0,26
3. Nama merek dan brand yang lemah
3
0,2
1
0,2
4. Produk yang mirip dengan produk kompetitor
4
0,27
3
0,81
5. Kesenjangan untuk sektor tertentu
3
0,2
1
0,2
Total
15
1
8
1,67
Peluang (Opportunity)
Ukuran pembobotan :                                                    Ukuran Rating :
         1 = sedikitpenting                                                       1 = Sedikitpeluang     
         2 = Agakpenting                                                         2 = Agakpeluang
         3 = penting                                                                 3 = peluang
         4 = sangatpenting                                                       4 = Sangatpeluang
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1. Kebutuhan akan produk akan selalu ada
4
0,25
2
0,5
2. Tidak ada batasan usia dalam penggunaan produk
4
0,25
4
1
3. Segmen pasar yg baru dan pasar internasional
3
0,19
3
0,57
4. Pengembangan produk baru
2
0,12
4
0,48
5. Penghapusan hambatan perdagangan internasional
3
0,19
4
0,76
Total
16
1
17
3,31
Ancaman (Threat)
Ukuran pembobotan :                                                    Ukuran Rating :
         1 = sedikit penting                                                      1 = Sedikit mengancam         
         2 = Agak penting                                                        2 = Agak mengancam
         3 = penting                                                                  3 = mengancam
         4 = sangat penting                                                       4 = Sangat mengancam
FaktorStrategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1. Pergeseran selera konsumen
3
0,25
4
1
2. Peratutan baru / diperkenalkannya pajak tambahan
1
0,08
1
0,08
3. Kompetitor mengeluarkan produk baru yang lebih inovatif
4
0,3
4
1,2
4. Persaingan harga dengan kompetitor
3
0,25
3
0,75
5. Munculnya produk pengganti
1
0,08
1
0,16
Total
12
0,96
13
3,19


9. MATRIK SWOT
Faktor Internal
           Faktor Eksternal
Strengths (Kekuatan)
Menciptakan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau
Weakness (Kelemahan)
Kemiripan antara packaging produk dengan produk saingan sedikit banyak mendapat kritikan
Opportunities (Peluang)
Teknologi yang modern yang mampu menciptakan produk-produk sesuai keinginan pelanggan
Strategi SO
Dengan Menciptakan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau menjadikan peluang bagi para pelanggan
Strategi WO
Meminimalkan biaya agar meningkatkan biaya produksi produk, sehingga dapat mencukupi peningkatan konsumsi dari produk
Threaths (Ancaman)
Adanya pendatang baru yang dapat menggerus produk ini di pasaran dan membuat pelanggan beralih.
Strategi ST
Memanfaatkan efisiensi SDM untuk memasarkan produk sehingga meminimalisir lingkungan bisnis yang semakin kompetitif
Strategi TW
Meningkatkan profitabilitas yang dapat meminimalisir pengeluaran biaya produksi yang semakin besar
10. GRAFIK

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVx1yG6DLOYkiTzjA6aIcaq5Q2uBZ_mEbVw8mo0h1bY2z2CXIQXuzJ7TjDn_SY85cBIGIylKOgVSQz7yiPKZlEmsW6cyb98yY-7DTAjrSBuI5xijliMg-6GW654xw5rY3Tb8k5k-zRoMs/s1600/Diagram-Matrik-Swot.png


Analisa Persaingan PT. Wings Group
dan PT. Unilever
4P
PT. Unilever
PT. Wings Group
Keterangan
Action Plan
Produk
Unggul

Kualita pesaing lebih unggul 
Mmefokuskan terhadap kualitas internasional dan harga terjangkau
Price

Unggul
Harga menyesuaikan masyakarat kelas menengah dan ke bawah
Low Cost
Place
Unggul

Produk pesaing memiliki pangsa pasar Internasional
Fokus pada pasar yang  menjadi target terutama pada orientasi yang ditetapkan
Promotion
Unggul

Kepercayaan masyarakat kepada PT. Unilever lebih
Melakukan survey langsung kepada pelanggan

PENJELASAN :
-          Produk : PT. Unilever kualitasnya jauh dibandingkan dengan Produk dari PT. Wings, dikarenakan dari segi bahan bakunya pun berbeda kualitas dengan produk milik pesaing
-          Price : PT. Wings mengutamakan efisiensi biaya produksi sehingga harga produk lebih murah dan menjadi kekuatan persaingan di dalam negeri
-          Place : banyaknya kawaasan industri yang dimiliki oleh PT. Unilever dibangingkan milik PT. Wings
-          Promotion : memiliki banyak pengalaman terutama dalam produk toiletries, dan produk dari PT. Unilever ini lebih dulu dikenal di mancanegara dibandingkan di Negara kita sendiri, ini yang menjadi kekuatan pada produk-produk pesaing

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar